Kamis, Agustus 20, 2009

BELAJAR IHSAN MELALUI PUASA

…. Orang itu berkata : “Engkau benar, kemudian jelaskan kepadaku tentang Ihsan”.
Nabi saw. menjawab : “Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, tapi apabila engkau tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu”
….

Itulah penggalan percakapan Nabi saw. dengan Jibril yang mendatanginya dengan bentuk manusia dan disaksikan para sahabat sebagaimana diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab shahih-nya.

Syaikh Abdul Muhsin bin Hamad Al ‘Abbad di dalam Fath al Qawy al Matiin, Syarh hadits Arba’iin menjelaskan bahwa Ihsan memiliki derajat yang paling tinggi, ia berada di atas derajat Islam dan Iman. Hadits ini menjelaskan ketinggian derajat ihsan ini. Karena orang yang melakukan ibadah seolah-olah dia berada di hadapan Allah, berarti telah beribadah secara sempurna. Tetapi jika belum merasakan hal ini hendaknya orang itu merasakan kalau dirinya itu sedang diawasi oleh Allah, sehingga dia takut apabila melakukan sesuatu yang dilarang-Nya dan dia akan melakukan segala yang diperintahkan-Nya.

Ketika seseorang sedang menyendiri di dalam rumah di siang hari bulan Ramadhan, sesungguhnya ia bisa saja makan atau minum karena tidak akan ada orang lain yang melihatnya. Tetapi orang-orang yang benar-benar berkeinginan menjalankan ibadah puasa tidak akan melakukan hal itu sekalipun bisa. Dalam hatinya ia berkata, “Aku memang tidak dilihat manusia, tetapi aku dilihat oleh Allah”.
Maka puasa merupakan latihan agar bisa bersikap ihsan sebagaimana hadits di atas.

Bayangkan jika semua umat islam negri ini puasanya sukses dan terbentuk sikap ihsan pada setiap dirinya. Maka tidak akan ada lagi korupsi, manipulasi, kolusi, prostitusi, aborsi dan hal-hal maksiat lain baik yang berakhiran “si” atau pun tidak. Karena semua akan merasa selalu dilihat oleh Allah.

Tetapi jika puasa kita tidak sukses, maka kita khawatir dengan apa yang disabdakan Nabi saw. “Banyak sekali orang yang berpuasa tetapi dari puasanya itu tidak ada hasil apapun kecuali lapar dan dahaga”.

Semoga saya dan juga anda bisa menghasilkan kesuksesan dari ibadah puasa bulan Ramadhan tahun ini. Amien…

SELAMAT BERIBADAH DI BULAN RAMADHAN…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar